Gambaran Pengetahuan, Sikap Dan Kesiapan Mahasiswa Ilmu Kesehatan Dalam Penerapan Evidence Based Practice (EBP)
DOI:
https://doi.org/10.37294/jrkn.v8i1.564Abstract
Abstrak
Banyak konsekuensi buruk yang mungkin terjadi jika praktik layanan kesehatan tidak berbasis bukti. Namun, pengenalan dan penyertaan konsep EBP dalam kurikulum mahasiswa ilmu kesehatan di negara berkembang seperti Indonesia belum terlaksana secara maksimal. Banyak di antara mereka bahkan dilaporkan tidak mampu mencari literature. Oleh karena itu, sebagai landasan penyempurnaan kurikulum, pengukuran pengetahuan, sikap, dan kesiapan mahasiswa ilmu kesehatan terkait penerapan EBP sangat penting untuk ditelusuri lebih jauh. Desain penelitian ini adalah survei deskriptif cross-sectional. Penelitian ini dilakukan secara online terhadap 369 mahasiswa kesehatan di Bali, Indonesia tahun 2021. Adapun kuisioner yang digunakan dalam mengukur tiga variable independent adalah EBPQ (Evidence-Based Practice Questionnaire) versi bahasa Indonesia. Uji analisis deskriptif dengan bantuan SPSS 20 for Windows digunakan sebagai teknik analisa data. Sebagian besar responden berjenis kelamin perempuan (86,2%) dan merupakan mahasiswa keperawatan (70,2%). Sebagian besar dari mereka secara subyektif menyatakan memiliki pengetahuan yang baik (65.2±14.9; 87.3%), sikap mendukung (20.2±4.4; 92.9%), dan kesiapan yang baik (24.8 ± 8.1; 69.1%) dalam penerapan praktik berbasis bukti. Temuan-temuan ini dapat menjadi landasan bagi perubahan atau penyempurnaan kurikulum pendidikan tinggi ilmu kesehatan.
Kata Kunci: Pengetahuan, sikap, kesiapan, bukti, mahasiswa, kesehatan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gst. Kade Adi Widyas Pranata, Ida Ayu Putri Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.