AKTIVITAS FISIK LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS I DENPASAR BARAT PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Ni Komang Kresniari Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali
  • Kadek Nuryanto ITEKES Bali
  • Megayanti ITEKES Bali

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v6i1.383

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, kelompok lanjut usia merupakan kelompok yang paling berisiko mengalami morbiditas dan mortalitas. Hal yang dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh di masa pandemi adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran aktivitas fisik lansia di Wilayah Kerja Puskesmas I Denpasar Barat pada masa pandemi Covid-19.

Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan berjumlah 109 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling.

Hasil  Dari 109 responden, mayoritas berusia 60 tahun (12,8%), sebagian besar tidak bekerja sebanyak 47,7%, berjenis kelamin perempuan sebanyak 52,3% dan menikah sebanyak 78,9%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar aktivitas fisik lansia  di Wilayah Kerja Puskesmas I Denpasar Barat pada Masa Pandemi Covid-19 berada pada kategori cukup yaitu sebanyak 53,2%. Aktivitas fisik ringan lansia berada pada kategori baik sebanyak 82,5%, aktivitas fisik sedang berada pada kategori cukup sebanyak 50,4% dan aktivitas fisik berat berada pada kategori rendah sebanyak 35,3%.

Kesimpulan  Lansia dapat meningkatkan aktivitas fisiknya dengan mempertahankan kegiatan senam lansia di Puskesmas I Denpasar Barat. Kegiatan senam lansia dapat tetap dijalankan dengan mematuhi protokol kesehatan serta membagi waktu dan jumlah kedatangan lansia yang datang untuk  mengikuti senam.

Kata Kunci: Aktivitas Fisik, Lansia, Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-29

How to Cite

Kresniari, N. K., Nuryanto, K. ., & Megayanti, S. D. . (2022). AKTIVITAS FISIK LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS I DENPASAR BARAT PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 6(1), 54–60. https://doi.org/10.37294/jrkn.v6i1.383

Issue

Section

Articles