KEPATUHAN PENATA ANESTESI DALAM PENERAPAN DOKUMENTASI MENGGUNAKAN SURGICAL SAFETY CHECKLIST DI RUANG OPERASI

Authors

  • Sanfania Almendi Darmapan Institusi dan Teknologi Kesehatan Bali (ITEKES Bali)
  • Kadek Nuryanto Itekes Bali
  • Yustina Ni Putu Yusniawati Itekes Bali

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v6i1.335

Keywords:

Anestesiologi, Kesehatan, Itekes Bali

Abstract

Surgical safety checklist adalah sebuah draft atau lembar pengecekan untuk memastikan keselamatan pasien dalam tindakan operasi, pendokumentasian surgical safety checklist sangat penting dilakukan dengan baik untuk mencegah komplikasi hingga kematian. Kepatuhan penata anestesi sangat diperlukan untuk melaksanakan pendokumentasian  surgical safety checklist dengan baik dan lengkap. Metode. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan crosssectional. Populasi dalam penelitian ini adalah penata anestesi yang tersebar di seluruh rumah sakit di Bali.  Sampel sebanyak 102 orang yang diambil dengan quota sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif.

Hasil. Dari 102 responden, penerapan dokumentasi menggunakan surgical safety checklist diruang operasi di Bali sebagian besar kategori baik yaitu sebanyak 98 responden (96,1%) dan sisanya berkategori cukup baik yaitu 4 responden (3,9%).

Kesimpulan. Kepatuhan penata anestesi di Bali menerapkan dokumentasi menggunakan surgical safety checklist sudah cukup baik namun, ada penata anestesi yang belum menerapkan surgical safety checklist dengan baik.

Kata Kunci:  Penata Anestesi, Kepatuhan, dan Surgical Safety Checklist

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-29

How to Cite

Darmapan, S. A., Nuryanto, K. N., & Yusniawati, Y. N. P. Y. (2022). KEPATUHAN PENATA ANESTESI DALAM PENERAPAN DOKUMENTASI MENGGUNAKAN SURGICAL SAFETY CHECKLIST DI RUANG OPERASI. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 6(1), 61–66. https://doi.org/10.37294/jrkn.v6i1.335

Issue

Section

Articles