Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Hipertensi Menggunakan Modul Di Puskesmas Tajinan Malang

Authors

  • Merry Tri Kusuma Wardani Stikes Panti Waluya Malang
  • Elizabeth Yun Yun Vinsur Stikes Panti Waluya Malang
  • Nanik Dwi Astutik Stikes Panti Waluya Malang

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v9i2.780

Abstract

Abstrak

Hipertensi adalah kondisi peningkatan tekanan darah melebihi angka normal, dikenal juga dengan sebutan darah tinggi. Tujuan penelitian ini Menganalisis pengaruh pemberian edukasi tentang hipertensi terhadap tingkat pengetahuan hipertensi menggunakan modul pada penderita hipertensi di Puskesmas Tajinan Kabupaten Malang Penelitian ini menggunakan pra-experimental dengan one group pre test – post test design. Subjek dalam penelitian ini adalah penderita hipertensi sejumlah 33 orang yang diambil menggunakan sampel purposive sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh edukasi melalui modul terhadap tingkat pengetahuan hipertensi di Puskesmas Tajinan Kabupaten Malang. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengisi kuesioner sebelum (pre-test) dan sesudah (post-test) dilakukan intervensi dan menganalisis bagaimana pengaruh edukasi pengetahuan kemudian melakukan analisis data menggunakan Wilcoxon Signed-Rank Test.

 

Kata Kunci: Hipertensi, Edukasi Modul, Tingkat Pengetahuan

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2025-10-09

How to Cite

Wardani, M. T. K. ., Vinsur, E. Y. Y. ., & Astutik, N. D. (2025). Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Hipertensi Menggunakan Modul Di Puskesmas Tajinan Malang. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 9(2), 167–171. https://doi.org/10.37294/jrkn.v9i2.780

Issue

Section

Articles