Hubungan Stress Akademik Dan Harga Diri Dengan Kecanduan Penggunaan Media Sosial Tiktok Pada Mahasiswa S1 Keperawatan Angkatan XIV Di Stikes Pertamedika
DOI:
https://doi.org/10.37294/jrkn.v9i2.651Abstract
Abstrak
TikTok menjadi media sosial populer yang berpotensi menimbulkan kecanduan, terutama pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara stres akademik dan harga diri dengan kecanduan TikTok pada mahasiswa S1 Keperawatan angkatan XIV di STIKes Pertamedika. Desain penelitian ini adalah kuantitatif korelasionaTikTokl dengan pendekatan cross-sectional. Sebanyak 77 responden dipilih melalui total sampling. Instrumen yang digunakan meliputi Student-Life Stress Inventory (SLSI), kuesioner Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES), dan kuesioner Social Media Addiction Scale-Student Form (SMAS-SF) Hasil analisis menggunakan chi square menunjukkan stres akademik berhubungan dengan kecanduan TikTok (p value = 0,042) dan adanya hubungan antara harga diri dengan kecanduan TikTok (p value = 0,039). diperlukan strategi untuk mengurangi stres akademik dan meningkatkan harga diri guna mencegah kecanduan media sosial.
Kata Kunci: Mahasiswa, Stress Akademik, Harga Diri, Kecanduan Penggunaan Media Sosial, Tiktok
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Qisty Syifa Azzahra, Tati Suryati, Yenni Malkis, Aat Yatnikasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.