HUBUNGAN ANTARA SOSIO-DEMOGRAFIK DAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU ORANG TUA DALAM PEMILIHAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DI DENPASAR

Authors

  • I Gusti Ngurah Made Kusuma Negara Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bali Denpasar
  • I Dewa Ayu Agra Darmawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bali

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v1i2.84

Abstract

ABSTRAK

Pendahuluan: Proses tumbuh kembang anak dapat berlangsung secara alamiah, tetapi proses tersebut sangat bergantung kepada orang dewasa dimana berperan sebagai orang tua. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah semakin berkurangnya daya kreatif yang dimiliki oleh anak. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah pola asuh orang dewasa atau perilaku orang tua dalam pemberian alat permainan bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sosio-demografic dan pengetahuan dengan perilaku orang tua dalam pemilihan alat permainan edukatif (APE) di Denpasar.

Metodologi: Pada penelitian ini variable akan diukur menggunakan  kuesioner. Responden yang diguanakan adalah orang tua yang memiliki balita dan berada di wilayah Puskesmas III Denpasar Selatan. Jumlah sampel sebanyak 106 responden. Pengujian hipotesa dilakukan dengan analisis analitik korelational.

Hasil: penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara factor sosio-demographic dan pengetahuan dengan perilaku orang tua dalam pemilihan APE.

 

Kata kunci:  Alat Permainan Edukatif, bermain, balita.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Gusti Ngurah Made Kusuma Negara, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bali Denpasar

Keperawatan Anak

Downloads

Published

2019-05-28

How to Cite

Kusuma Negara, I. G. N. M., & Agra Darmawati, I. D. A. (2019). HUBUNGAN ANTARA SOSIO-DEMOGRAFIK DAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU ORANG TUA DALAM PEMILIHAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DI DENPASAR. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 1(2), 160–163. https://doi.org/10.37294/jrkn.v1i2.84

Issue

Section

Articles