Pengaruh Terapi Meditasi Terhadap Tingkat Stres Dalam Menghadapi Ujian Pada Mahasiswa Stikes Panti Waluya Malang
DOI:
https://doi.org/10.37294/jrkn.v8i2.619Abstract
Ujian adalah metode evaluasi untuk mengukur pemahaman pengetahuan mahasiswa, yang sering menyebabkan stres. Stres berdampak negatif pada fisik dan mental mahasiswa dan mengganggu proses belajar, Meditasi adalah salah satu metode efektif untuk mengatasi stres, membantu mencapai keseimbangan mental dan emosional, mengurangi ketegangan, serta meningkatkan energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi meditasi terhadap tingkat stres dalam menghadapi ujian pada mahasiswa STIKes Panti Waluya Malang. Tempat penelitian dilakukan di STIKes Panti Waluya Malang pada 17-28 Juni 2024 dengan sampel sebanyak 72 responden yang diambil dengan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Perceived Stress Scale (PSS-10) untuk mengetahui tingkatan stres pada mahasiswa dalam menghadapi ujian. Hasil peneltian menggunakan Uji Wilcoxon Signed-Rank menunjukkan bahwa ada pengaruh terapi meditasi terhadap tingkat stres dalam menghadapi ujian pada mahasiswa (p value=0,000). Terapi meditasi terbukti efektif dalam mengatasi tingkat stres sebagai intervensi non-farmakologis untuk mengelola stres, meningkatkan fokus, dan memperbaiki kesejahteraan mental mahasiswa.
Kata Kunci: Terapi meditasi, tingkat stres, mahasiswa, ujian
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dias Mageista Hanum, Ellia Ariesti, Anastasia Sri Sulastri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.