Pengaruh Terapi Meditasi Terhadap Tingkat Stres Dalam Menghadapi Ujian Pada Mahasiswa Stikes Panti Waluya Malang

Authors

  • Dias Mageista Hanum STIKES Panti Waluya Malang
  • Ellia Ariesti STIKES Panti Waluya Malang
  • Anastasia Sri Sulastri STIKES Panti Waluya Malang

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v8i2.619

Abstract

Ujian adalah metode evaluasi untuk mengukur pemahaman pengetahuan mahasiswa, yang sering menyebabkan stres. Stres berdampak negatif pada fisik dan mental mahasiswa dan mengganggu proses belajar, Meditasi adalah salah satu metode efektif untuk mengatasi stres, membantu mencapai keseimbangan mental dan emosional, mengurangi ketegangan, serta meningkatkan energi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi meditasi terhadap tingkat stres dalam menghadapi ujian pada mahasiswa STIKes Panti Waluya Malang. Tempat penelitian dilakukan di STIKes Panti Waluya Malang pada 17-28 Juni 2024 dengan sampel sebanyak 72 responden yang diambil dengan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner Perceived Stress Scale (PSS-10) untuk mengetahui tingkatan stres pada mahasiswa dalam menghadapi ujian. Hasil peneltian menggunakan Uji Wilcoxon Signed-Rank menunjukkan bahwa ada pengaruh terapi meditasi terhadap tingkat stres dalam menghadapi ujian pada mahasiswa (p value=0,000). Terapi meditasi terbukti efektif dalam mengatasi tingkat stres sebagai intervensi non-farmakologis untuk mengelola stres, meningkatkan fokus, dan memperbaiki kesejahteraan mental mahasiswa.

 

Kata Kunci: Terapi meditasi, tingkat stres, mahasiswa, ujian

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-10-04

How to Cite

Hanum, D. M., Ariesti, E. ., & Sulastri, A. S. (2024). Pengaruh Terapi Meditasi Terhadap Tingkat Stres Dalam Menghadapi Ujian Pada Mahasiswa Stikes Panti Waluya Malang. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 8(2), 155–160. https://doi.org/10.37294/jrkn.v8i2.619

Issue

Section

Articles