Pengaruh Media Flip Chart Terhadap Pengetahuan Penanganan Tersedak Pada Balita

Authors

  • Bambang Kamiwarno Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • elan saelan Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Adia Ervian Sari Universitas Kusuma Husada Surakarta
  • Lalu M. Panji Azali Universitas Kusuma Husada Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v8i1.529

Abstract

Kejadian tersedak pada balita masih menjadi masalah utama di masyarakat.  Akibat dari tersedak, dapat menyebabkan penutupan jalan nafas sehingga pasien merasa sesak sampai tidak bisa bernafas. Pemberian edukasi tentang tersedak pada balita sangat penting karena dapat mencegah kejadian tersedak.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media flip chart  terhadap pengetahuan penanganan tersedak di Desa Wonorejo.

Metode penelitian yang digunakan Pre and Post Test with Control Group Desain. Lokasi penelitian di desa Wonorejo dengan jumlah sampel sebanyak 16 responden. Analisa data menggunakan uji Mann-Whitney dan uji wilcoxon.

Hasil uji Mann-Withney didapatkan nilai p value 0,001 (p<0,005) terdapat perbedaan signifikan media flip chart  dan leaflet: ceramah terhadap pengetahuan penanganan tersedak.

Kesimpulan, terdapat pengaruh media flip chart  terhadap pengetahuan penanganan tersedak di Desa Wonorejo. Saran bagi peneliti selanjutnya dapat dilanjutkan dengan media elektronik yang menarik dan  jumlah sampel yang lebih banyak.

Kata kunci : penanganan tersedak , Pengetahuan orang tua , Media flip chart.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-02

How to Cite

Kamiwarno, B., saelan, elan, Sari, A. E., & Azali, L. M. P. (2024). Pengaruh Media Flip Chart Terhadap Pengetahuan Penanganan Tersedak Pada Balita. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 8(1), 8–14. https://doi.org/10.37294/jrkn.v8i1.529

Issue

Section

Articles