Specific Waiting Time Pelayanan Pasien Di Poliklinik Rawat Jalan Rsd Mangusada

Authors

  • I Nengah Suarmayasa Rumah Sakit Daerah Mangusada
  • I Ketut Swarjana Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
  • I Gusti Agung Saraswati Jelantik Rumah Sakit Daerah Mangusada
  • Nyoman Widiasih Rumah Sakit Daerah Mangusada
  • Ni Wayan Niwi Raga Rumah Sakit Daerah Mangusada

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v7i2.508

Abstract

Abstrak

Masyarakat mengharapkan rumah sakit memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi dan cepat. Namun demikian, masyarakat sering mengeluh tentang waiting time di unit rawat jalan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi specific waiting time pelayanan pasien di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Daerah (RSD) Mangusada. Studi cross-sectional digunakan dengan mengikutsertakan 379 responden yang berkunjung dan mendapatkan pelayanan di poliklinik. Responden dipilih menggunakan consecutive sampling. Pengumpulan data berlangsung dari bulan Maret sd April 2023. Sementara itu, instrumen penelitian menggunakan kuisioner yang menanyakan tentang karakteristik responden dan specific waiting time. Data dianalisis secara univariate untuk mengetahui frekuensi dan proporsi specific waiting time di loket pendaftaran, poliklinik dan juga apotek rawat jalan. Hasil penelitian menemukan bahwa sebagian besar (88,9%) termasuk dalam waiting time dengan kategori yang baik dalam memberikan pelayanan di loket pendaftaran. Selain itu, sebagian besar responden (60,7%) tergolong dalam kategori waiting time yang baik dalam memberikan pelayanan kepada pasien di poliklinik rawat jalan. Sementara itu, hanya sebagian kecil responden (7,7%) yang termasuk waiting time dalam kategori baik dalam memberikan pelayanan kepada pasien di Apotek poliklinik rawat jalan. Berdasarkan hari kunjungan, pelayanan pasien pada hari Sabtu memiliki kategori waiting time tertinggi (70%), sedangkan jika dilihat dari polikliniknya, proporsi tinggi dari waiting time yang berkategori baik terdapat di poliklinik jiwa dan THT (masing-masing 100%), mata (77,2%), bedah umum (75%), dan diikuti oleh poliklinik lainnya. Belum maksimalnya specific waiting time tersebut memerlukan inovasi proses maupun pelayanan pasien poliklinik rawat jalan agar waiting time menjadi lebih baik, terutama di apotek dan poliklinik rawat jalan RSD Mangusada.

Kata Kunci: Specific Waiting Time, Poliklinik Rawat Jalan, Rumah Sakit

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Ketut Swarjana, Institut Teknologi dan Kesehatan Bali

Published

2023-10-16

How to Cite

Suarmayasa, I. N. ., Swarjana, I. K., Jelantik , I. G. A. S., Widiasih, N. ., & Raga , N. W. N. . (2023). Specific Waiting Time Pelayanan Pasien Di Poliklinik Rawat Jalan Rsd Mangusada . Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 7(2), 131–139. https://doi.org/10.37294/jrkn.v7i2.508

Issue

Section

Articles