Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dan Komorbiditas Dengan Perilaku Perawatan Diri Pasien Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Authors

  • I Nengah Adiana Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
  • I Nyoman Arya Maha Putra Institut Teknologi dan Kesehatan Bali

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v7i1.486

Abstract

Abstrak

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) merupakan penyakit kronis yang progresif yang membutuhkan kemampuan pasien melakukan perawatan diri. Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan dan komorbiditas dengan perilaku perawatan diri pasien PPOK. Desain penelitian adalah deskriptif korelasi menggunakan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 72 responden menggunakan tehnik purposive sampling. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2020 di Poliklinik paru BRSU Tabanan. Data di analisis dengan uji korelasi Spearman dan uji korelasi Eta menggunakan program SPSS. Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan (p=0.001) dengan perilaku perawatan diri pasien PPOK dengan α=0,05. Variabel komorbiditas tidak ada hubungan yang signifikan dengan perilaku perawatan diri pasien PPOK (p=0.469). Tingkat pendidikan responden mempengaruhi perilaku perawatan diri pasien PPOK terkait akses sumber informasi dan informasi spesifik tentang perawatan diri yang mereka peroleh dari pemberi pelayanan kesehatan.

Kata kunci: pendidikan, komorbiditas, perilaku perawatan diri, PPOK

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-04-17

How to Cite

Adiana, I. N. ., & Maha Putra, I. N. A. . (2023). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan Dan Komorbiditas Dengan Perilaku Perawatan Diri Pasien Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK). Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 7(1), 72–77. https://doi.org/10.37294/jrkn.v7i1.486

Issue

Section

Articles