Pemberian Aromaterapi Peppermint Untuk Mengurangi Mual Muntah Pada Ibu Hamil Trimester I

Authors

  • I Gusti Ayu Putri Satria Aryasih STIKES Bina Usada Bali
  • Ni Putu Mirah Yunita Udayani STIKES Bina Usada Bali
  • Ni Made Risna Sumawati STIKES Bina Usada Bali

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v6i2.367

Abstract

Latar Belakang : Pada masa kehamilan, ibu hamil sering mengalami beberapa keluhan seperti mual muntah. Mual muntah merupakan salah satu gejala kehamilan yang sering terjadi pada awal kehamilan. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian aromaterapi peppermint terhadap penurunan mual muntah pada ibu hamil trimester I.

Metode : Design penelitian ini adalah Pre Eksperimental dengan rancangan penelitian one group pretest-postest design. Jumlah sampel sebanyak 30 ibu hamil trimester I yang mengalami mual muntah ringan dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji paired sample t-test untuk membandingkan hasil sebelum dan sesudah diberikan intervensi.

Hasil : Ada perbedaan sebelum dan sesudah diberikan aromaterapi peppermint terhadap penurunan mual muntah pada ibu hamil trimester I dengan nilai p value sebesar 0,000.

Kesimpulan : Ada pengaruh pemberian aromaterapi peppermint terhadap penurunan mual muntah pada ibu hamil trimester I di wilayah kerja UPTD Puskesmas Tampaksiring I.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-31

How to Cite

Aryasih, I. G. A. P. S., Udayani, N. P. M. Y., & Sumawati, N. M. R. . (2022). Pemberian Aromaterapi Peppermint Untuk Mengurangi Mual Muntah Pada Ibu Hamil Trimester I. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 6(2), 139–145. https://doi.org/10.37294/jrkn.v6i2.367

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)