Peran Keluarga Dalam Pemenuhan Asupan Nutrisi Lansia Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Sumerta

Authors

  • Yoning Ayu Brahtyaswari Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
  • I Gusti Ayu Rai Rahayuni Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
  • Ni Ketut Noriani Institut Teknologi dan Kesehatan Bali

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v6i2.348

Keywords:

Lansia, Peran keluarga, Nutrisi, COVID-19

Abstract

Latar belakang: Keluarga merupakan support system bagi lansia sehingga peran keluarga sangatlah penting dalam mempertahankan dan meningkatkan kesehatan lansia, khususnya dalam memperhatikan asupan nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imunitas dalam melindungi tubuh dan mencegah penularan virus COVID-19. 

Tujuan: Mengidentifikasikan peran keluarga dalam pemenuhan asupan nutrisi lansia pada masa pandemi COVID-19 di Kelurahan Sumerta.

Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian ini melibatkan keluarga yang tinggal dengan lansia sebanyak 232 responden yang diambil dengan teknik probability sampling dengan metode stratified sampling. Data dikumpulkan secara online menggunakan kuesioner peran keluarga yang berupa google form pada masa new normal COVID-19 bulan Februari 2021, kemudian diolah dengan deskriptif statistik.

Hasil: Sebagian besar responden penelitian dengan kategori baik yaitu 218 (94,0%) responden, 13 (5,6%) responden dengan kategori cukup, dan masih adanya responden dengan kategori kurang yaitu satu (0,4%) responden, dikarenakan sebagian besar responden berpendidikan tinggi dan terdapat program kesehatan untuk lansia yang mengakibatkan adanya kepedulian dan keterlibatan keluarga dalam meningkatkan kesehatan lansia.

Kesimpulan: Keluarga diharapkan tetap berperan aktif untuk mempertahankan dan meningkatkan pemenuhan asupan nutrisi lansia, serta dapat memberikan informasi yang relevan mengenai kesehatan lansia dengan cara mencari informasi pada badan kesehatan maupun jurnal penelitian sehingga tidak merugikan keluarga maupun lansia.

Kata Kunci: Lansia, Peran keluarga, Nutrisi, COVID-19

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-31

How to Cite

Brahtyaswari, Y. A., I Gusti Ayu Rai Rahayuni, I. G. A. R. R., & Ni Ketut Noriani, N. K. N. (2022). Peran Keluarga Dalam Pemenuhan Asupan Nutrisi Lansia Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Sumerta. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 6(2), 74–78. https://doi.org/10.37294/jrkn.v6i2.348

Issue

Section

Articles