GAMBARAN FASILITAS MENCUCI TANGAN SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KERAMBITAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • I Dewa Ayu Agung Yuli Paramita Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
  • Made Rismawan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
  • I Nyoman Arya Maha Putra Institut Teknologi dan Kesehatan Bali

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v6i1.342

Keywords:

Kata Kunci, Fasilitas, Mencuci Tangan, Sekolah Dasar

Abstract

Mencuci tangan sangat penting dilakukan oleh siswa sekolah dasar dalam rangka memutus rantai penularan COVID-19. Fasilitas mencuci tangan di sekolah pada masa pandemi COVID-19 sangat diperlukan. Ketersediaan dan kondisi fasilitas mencuci tangan berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya dikarenakan berbagai faktor. Tujuan Penelitian Untuk mengetahui gambaran kondisi fasilitas mencuci tangan di Sekolah Dasar Negeri Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kecamatan Kerambitan. Metode Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah desain penelitian cross sectional yang dilaksanakan tanggal 1– 31 Maret 2021. Populasi meliputi seluruh sekolah dasar negeri di Kecamatan Kerambitan sebanyak 28 sekolah. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan analisa data menggunakan Analisa Univariate yaitu descriptive statistic.

Hasil Penelitian Mayoritas fasilitas mencuci tangan berada dalam kondisi baik sebanyak 26 sekolah (92,9%) dan berada dalam kondisi cukup sebanyak 2 sekolah (7,1%). Kesimpulan Disarankan kepada kepala sekolah seluruh sekolah dasar negeri untuk tetap memberikan dukungan kepada para siswa berupa adanya fasilitas mencuci tangan yang lengkap dengan kondisi bersih untuk mencegah rantai penularan penyakit pada masa pandemi COVID-19.

Kata Kunci: Fasilitas, Mencuci Tangan, Sekolah Dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Made Rismawan, Institut Teknologi dan Kesehatan Bali

Departemen Anak

References

CDC. (2020). Care for children. Amerika: Centers for Disease Control and Prevention.

Dinkes Prov Bali. (2019). Profil kesehatan Provinsi Bali. Bali: Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

Dinkes Kab Tabanan. (2019). Profil kesehatan Kabupaten Tabanan. Tabanan: Dinas Kesehatan Kabupaten Tabanan.

Ernisah, E. (2021). Gambaran karakteristik anak terkonfirmasi COVID-19 yang dirawat di Ruang Isolasi Covid-19 RSUP Dr M Djamil Padang Tahun 2020. Universitas Andalas.

Hutagalung, R. U. (2021). Upaya peningkatan pengetahuan anak sekolah minggu tentang virus corona di masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pengabdian Barelang, 3(01), 29–31.

Kemenkes, RI. (2020). Panduan cuci tangan pakai sabun. Direktorat Kesehatan Lingkungan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemendikbud, RI. (2020). Panduan opsi sarana CTPS. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud, RI. (2021). Panduan pengisian sanitasi sekolah pada Aplikasi Dapodik Versi 2021. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Lailiyah, E. H., Hakim, D. A., & Alifah, A. (2021). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam pencegahan Covid-19 di Desa Plosowahyu Kabupaten Lamongan. Community Empowerment, 6(2), 99–104.

Nursalam. (2013). Metodologi penelitian ilmu keperawatan pendekatan praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Ratu, R. (2020). Gambaran sarana sanitasi dasar pada tiga sekolah dasar di Wilayah Kerja Puskesmas Oebobo Kota Kupang Tahun 2020. Poltekkes Kemenkes Kupang.

Safitri, A. D. (2020). Analisis kondisi sanitasi lingkungan dan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar Kecamatan Gunungpati. Unnes.

Saputra, J. (2016). Studi deskriptif sanitasi kantin dan fasilitas sanitasi dasar di lingkungan Sekolah Dasar Pada Wilayah Kerja Puskesmas Ungaran Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang Tahun 2016. Universitas Negeri Semarang.

Suryani, I. (2019). Gambaran aspek fasilitas sanitasi dasar pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang. Fakultas Ilmu Kesehatan.

Swarjana, I. K. (2016). Statistik kesehatan. Penerbit Andi.

Swarjana, I. K & Bali, S. (2015). Metodologi penelitian kesehatan [Edisi Revisi]: Tuntunan praktis pembuatan proposal penelitian untuk mahasiswa keparawatan, kebidanan, dan profesi bidang kesehatan lainnya. Penerbit Andi.

Wahyudi, R., Febrianti, N., & Juliandari, M. (2019). Kajian sanitasi sekolah dasar di Kabupaten Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Serambi Engineering, 4(2).

Downloads

Published

2022-04-29

How to Cite

Paramita, I. D. A. A. Y., Rismawan, M., & Maha Putra, I. N. A. (2022). GAMBARAN FASILITAS MENCUCI TANGAN SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KERAMBITAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 6(1), 41–46. https://doi.org/10.37294/jrkn.v6i1.342

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>