TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN TERAPI AKUPUNKTUR DI KLINIK SUDIRMAN MEDICAL CENTER (SMC) DENPASAR

Authors

  • I Dewa Ayu Agra Darmawati Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
  • kadek Buja Harditya Institut Teknologi dan Kesehatan Bali

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v6i1.331

Keywords:

Kepuasan pasien, Akupunktur, SERVQUAL

Abstract

Akupunktur adalah suatu tindakan memasukan atau menyisipkan jarum ke dalam tubuh dan memberikan manipulasi pada titik-titik tertentu pada tubuh untuk mencapai tujuan terapeutik yang disebabkan oleh gangguan aliran qi yang mengakibatkan ketidakseimbangan kekuatan energi yin dan yang. Pelayanan akupunktur merupakan salah satu bentuk jasa pelayanan yang ditawarkan secara terorganisir untuk menciptakan kepuasan pada pelanggan. Kepuasan pasien timbul disebabkan oleh perasaan pasien yang merasa puas dengan kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah membandingkan dengan apa yang ia harap.

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan terapi akupunktur pada Klinik Sudirman Medical Center (SMC) Denpasar.  Metode Penelitian Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan cross-sectional untuk mengukur tingkat kepuasan pasien dengan terapi akupunktur. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 responden yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner SERVQUAL. Analisa data menggunakan analisa data dekriptif dalam frekuensi dan persentase menggunakan spss 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasaan berdasarkan dimensi tengibles dan reliability memiliki tingkat kepuasan tertinggi yaitu 96.7%. Dimensi assurance dan emphaty sebesar 93.3% dan dimensi responsiveness sebesar 90%.  Kesimpulan pasien menyatakan sangat puas terhadap pelayanan akupuntur di Klinik Sudirman Medical Center Denpasar.

Kata Kunci: kepuasan pasien, akupunktur, SERVQUAL

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Dewa Ayu Agra Darmawati, Institut Teknologi dan Kesehatan Bali

Program Studi Sarjana keperawatan

kadek Buja Harditya, Institut Teknologi dan Kesehatan Bali

Program Studi Sarjana keperawatan

References

Abdurachman. (2016). Mudah Akupunktur Melalui Anatomi. Surabaya: Arti Bumi Intaran.

Ariyanti, K. S., Sariyani, M. D., & Pemayun, C. M. (2020). Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pengobatan Komplementer Akupuntur Di Praktik Perawat Mandiri Latu Usadha. Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA, Vol.10 No.2, 107-116.

Febriani, V. A. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Semarang.

Krisna Yoga, I. E., Yanti, N. E., & Suardana, I. (2016). Pengaruh Terapi Akupunktur Terhadap Intensitas Nyeri Pada Klien Dengan Nyeri Kepala Primer. Jurnal Keperawatan Community of Publishing In Nursing (COPING) NERS, 54-59.

Rina, N. A. (2016). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Praktek Dokter Mandiri Dan Klinik Swasta. Semarang.

Rina, N. A., Wahyudi, F., & Margawati, A. (2017, April). Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Praktek Dokter Mandiri Dan Klinik Swasta (Studi Kasus Kecamatan Tembalang Semarang). Jurnal Kedokteran Diponegoro, 930-939.

Rukmono, R. L., Rahmayani, F., & Utami, N. (2019). Akupunktur sebagai Terapi pada Nyeri Pascaoperasi: Artikel Review. Majority Volume 8 Nomor 1, 256-261.

Sinollah, & Masruro. (2019). Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual – Parasuraman) Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan. Jurnal Dialektika, Volume 4, Nomor 1, 45-64.

Sujarweni, V. W. (2014). Panduan Penelitian Keperawatan dengan SPSS. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2022-04-29

How to Cite

Darmawati, I. D. A. A., & Harditya, kadek B. (2022). TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN TERAPI AKUPUNKTUR DI KLINIK SUDIRMAN MEDICAL CENTER (SMC) DENPASAR. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 6(1), 7–11. https://doi.org/10.37294/jrkn.v6i1.331

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)