GAMBARAN STRES SISWA SMA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH DARI RUMAH SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KESEHATAN REPRODUKSI DI SMAN I MENGWI
DOI:
https://doi.org/10.37294/jrkn.v5i1.305Keywords:
Ststres, Ujian Sekolah, Kesehatan Reproduksi, Covid-19Abstract
Latar belakang dan tujuan: Fenomena yang sedang terjadi di kalangan Siswa SMA adalah adanya kecemasan karena akan mengikuti ujian sekolah dari rumah yang sangat menentukan bisa tidaknya seorang siswa melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya karena adanya pandemi Covid-19. Keadaan yang berlarut-larut tanpa kepastian dan penanganan yang baik dapat menimbulkan dampak terhadap kesehatan umum, kesehatan reproduksi bahkan gannguan kejiwaan
Metode :Rancangan penelitian ini adalah penelitian qualitative. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam terhadap partisipan terkait yang berjumlah 13 orang dan data dianalisis secara tematik yang disajikan dalam bentuk narasi.   Â
Hasil dan Pembahasan: Secara umum partisipan pada penelitian ini memiliki persepsi bahwa ujian sekolah dari rumah merupakan langkah yang tepat dilakukan pada masa pandemic Covid-19 ini. Masih ditemukan permasalahan yang menimbulkan stress pada siswa khususnya dampak pada kesehatan reproduksi yang dialami oleh siswa laki-laki adalah penurunan stamina dan pada siswa perempuan adanya gangguan pada menstruasi.
Simpulan dan Saran : Siswa SMA mengalami stress menghadapi ujian sekolah yang berdampak pada kesehatan umum dan kesehatan reproduksi. Pihak orangtua/wali siswa dan pihak sekolah sudah berusaha memfasilitasi dan berharap adanya akses internet gratis dari pemerintah dan pandemic ini akan segera berakhir.Â
Downloads
References
Ambarwati, P.D., S.S. Pinilih, R.T. Astuti. 2017. Gambaran Tingkat Stres Siswa. Tersedia https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/4466 daiakses tanggal 28 Nopember 2019
Bungin,B.2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo. Persada
Creswell, J.W. 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. New Delhi: SAGE Publications
Creswell,J.W.1998. Qualitative Inquiry and Research Designs. New Delhi: SAGE Publications
Giyarto. 2018. Stres pada Siswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Muhamadyah Surakarta dalam Mengerjakan Skripsi. Tersedia di: http://eprints.ums.ac.id/68524/11/NASPUB%20GIYARTO.pdf diakses tanggal 28 Nopember 2019
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.2020. Surat Edaran Mendikbud No. 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan-Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Covid- 19 https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/ diakses tanggal 11 Juli 2020
Lazarus dan Folkman. Stres and Cognitive Appraisal. Available from : https://explorable.com
Moleong.2000. Metdologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Paul J.R. Reminiscences of Hans Selye, and the Birth of “Stresâ€. Available from: https://www.stres.org