GAMBARAN STRES SISWA SMA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH DARI RUMAH SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KESEHATAN REPRODUKSI DI SMAN I MENGWI

Authors

  • Ni Luh Putu Dina Susanti Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali
  • Ni Nyoman Nuartini Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v5i1.305

Keywords:

Ststres, Ujian Sekolah, Kesehatan Reproduksi, Covid-19

Abstract

Latar belakang dan tujuan: Fenomena yang sedang terjadi di kalangan Siswa SMA adalah adanya kecemasan karena akan mengikuti ujian sekolah dari rumah yang sangat menentukan bisa tidaknya seorang siswa melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya karena adanya pandemi Covid-19. Keadaan yang berlarut-larut tanpa kepastian dan penanganan yang baik  dapat menimbulkan dampak terhadap kesehatan umum, kesehatan reproduksi bahkan gannguan kejiwaan

Metode :Rancangan penelitian ini adalah penelitian qualitative. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam terhadap partisipan terkait yang berjumlah 13 orang dan data dianalisis secara tematik  yang disajikan dalam bentuk narasi.    

Hasil dan Pembahasan: Secara umum partisipan pada penelitian ini memiliki persepsi bahwa ujian sekolah dari rumah merupakan langkah yang tepat dilakukan pada masa pandemic Covid-19 ini. Masih ditemukan permasalahan yang menimbulkan stress pada siswa khususnya dampak pada kesehatan reproduksi yang dialami oleh siswa laki-laki adalah penurunan stamina dan pada siswa perempuan adanya gangguan pada menstruasi.

Simpulan dan Saran : Siswa SMA mengalami stress menghadapi ujian sekolah yang berdampak pada kesehatan umum dan kesehatan reproduksi. Pihak orangtua/wali siswa dan pihak sekolah sudah berusaha memfasilitasi dan berharap adanya akses internet gratis dari pemerintah dan pandemic ini akan segera berakhir. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, P.D., S.S. Pinilih, R.T. Astuti. 2017. Gambaran Tingkat Stres Siswa. Tersedia https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/4466 daiakses tanggal 28 Nopember 2019

Bungin,B.2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo. Persada

Creswell, J.W. 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. New Delhi: SAGE Publications

Creswell,J.W.1998. Qualitative Inquiry and Research Designs. New Delhi: SAGE Publications

Giyarto. 2018. Stres pada Siswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Muhamadyah Surakarta dalam Mengerjakan Skripsi. Tersedia di: http://eprints.ums.ac.id/68524/11/NASPUB%20GIYARTO.pdf diakses tanggal 28 Nopember 2019

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.2020. Surat Edaran Mendikbud No. 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan-Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease Covid- 19 https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/ diakses tanggal 11 Juli 2020

Lazarus dan Folkman. Stres and Cognitive Appraisal. Available from : https://explorable.com

Moleong.2000. Metdologi Penelitian Kualitatif.Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Paul J.R. Reminiscences of Hans Selye, and the Birth of “Stresâ€. Available from: https://www.stres.org

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Dina Susanti, N. L. P., & Nuartini, N. N. (2021). GAMBARAN STRES SISWA SMA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH DARI RUMAH SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KESEHATAN REPRODUKSI DI SMAN I MENGWI. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 5(1), 5–12. https://doi.org/10.37294/jrkn.v5i1.305

Issue

Section

Articles