HUBUNGAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL DENGAN MINAT MAHASISWA KEBIDANAN DALAM BERWIRAUSAHA KESEHATAN
DOI:
https://doi.org/10.37294/jrkn.v4i1.208Keywords:
Internal, Eksternal, Minat Berwirausaha mahasiswa kebidananAbstract
ABSTRAK
Latar Belakang : Entrepreneurship merupakan proses penerapan kreativitas dan emosi dalam memecahkan suatu pemasalahan atau persoalan dan menemukan suatu peluang untuk memperbaiki kehidupan. Entrepreneurial activity akan semakin tinggi entrepreneurship level suatu negara. Pendidikan kewirausahaan dapat membentuk pola pikir, sikap, dan perilaku pada mahasiswa menjadi seorang wirausahawan sehingga mengarahkan mereka untuk memilih berwirausaha sebagai pilihan karir.
Metode : Desain dalam penelitian ini analitik cross sectional dengan populasi seluruh mahasiswa Prodi D III Kebidanan STIKES Bali yang berjumlah 61 responden dengan teknik nonprobability sampling (total populasi) 61 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik analisa data Pearson product moment test.
Hasil : Pada faktor internal dalam berwirausaha paling banyak tinggi yaitu 52 orang (85,2%). Faktor eksternal dalam berwirausaha kesehatan paling banyak tinggi yaitu 38 orang (62,3%). Minat mahasiswa dalam berwirausaha kesehatan paling banyak tinggi yaitu 52 orang (85,2%). Analisis korelasi (r) antara faktor internal dengan minat mahasiswa kebidanan dalam berwirasusaha 0,870 menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara faktor internal dengan minat mahasiswa kebidanan dalam berwirasusaha dengan p-value sebesar <0,001. Analisis korelasi (r) antara faktor eksternal dengan minat mahasiswa kebidanan dalam berwirasusaha 0,439 Â menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara faktor internal dengan minat mahasiswa kebidanan dalam berwirasusaha dengan p-value sebesar <0,001. Kesimpulan : Meningkatkan faktor internal dan eksternal mahasiswa untuk meningkatkan minat berwirausaha sangat penting dalam rangka memantapkan mahasiswa agar mampu bersaing di pasar bebas khususnya wirausaha bidang kesehatan.
Kata Kunci : Internal, Eksternal, Minat Berwirausaha
ABSTRACT
Background : Entrepreneurship is the process of applying creativity and emotion in solving a problem or problem and finding an opportunity to improve life. Entrepreneurial activity will be the higher level of entrepreneurship in a country. Entrepreneurship education can shape the mindset, attitudes, and behavior of students to become entrepreneurs so that it directs them to choose entrepreneurship as a career choice.
Methods : The design in this study was cross sectional analytic with the participation of all students of Study Program D III of STIKES Bali Midwifery involving 61 respondents with nonprobability sampling (total population) 61 respondents. Data collection using a questionnaire with Pearson product moment test data analysis techniques.
Results : The most internal factors in entrepreneurship were 52 people (85.2%). External factors in entrepreneurship are 38 people (62.3%). The smallest number of students in health entrepreneurship were 52 people (85.2%). Analysis of the difference (r) between internal factors and the interest of midwifery students in entrepreneurship 0.870 shows the factors that occur between internal factors and the interest of midwifery students in entrepreneurship with a p-value of <0.001. Analysis of the difference (r) between external factors and the interest of midwifery students in entrepreneurship 0.439 shows the fact that occurs between internal factors and the interest of midwifery students in entrepreneurship with a p-value of <0.001.
Conclussion : Improving the internal and external factors of students to increase entrepreneurial interest is very important in order to strengthen students to be able to compete in the free market, especially health care entrepreneurs.
Keywords: Internal, External, Entrepreneurial Interest
Downloads
References
Aditya Dion Mahesa. 2012. Analisis Faktor-Faktor Motivasi Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang). diakses dari www. eprints.undip.ac.id
Alma, Buchari. 2011. Kewirausahaan Edisi Revisi. Alfabeta.Bandung,.
Angki Adi Tama. 2010. Analisis Faktor – Faktor Yang Memotivasi Mahasiswa Berkeinginan Menjadi Entrepreneur (Studi pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang). Skripsi. diakses dari www.eprints.undip.ac.id
Bambang Sad Kurnianto & Sulistya Eka Putra. 2012. Menumbuh Kembangkan Minat Berwirausaha Bagi Para Mahasiswa Di Lingkungan Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar & Konferensi Nasional Manajemen Bisnis.
Djamarah, S.B 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Farzier Barbara and Linda S Neihm, FCS Students' attitudes and intentions toward entrepreneurial careers, Journal of Family and Consumer Sciences, April 2008: 100,2, Academic Research Library pg 17
Hendro. 2011. Dasar-dasar Kewirausahaan-panduan bagi mahasiswa untuk mengenal, memahami. Jakarta: Erlangga
Hery. 2017. Kewirausahaan. Jakarta. PT Grasindo
Khodijah. N. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Muladi Wibowo. 2011. Pembelajaran Kewirausahaan Dan Minat Wirausaha Lulusan SMK, Ekplanasi Volume 6 Nomor 2 Edisi September 2011
Prahmadita, A.D. 2014. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Untuk Mengikuti Ekstrakurikuler Drumband di SMP Negeri 1 Seleman. Fakultas Bahasa dan Seni. Yogyakarta Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta http://eprints.uny.ac.id/17679/1/Aulia%20Devi%20Prahmadita%2008208241012.pdf
Purwanto, M.N. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Siswadi, Y. Analisis Faktor Internal, Faktor Eksternal Dan Pembelajaran Kewirausahaan Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Dalam Berwirausaha. Jurnal manajemen & bisnis vol 13 no. 01 april 2013 issn 1693-7619
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor - faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia Group
Swarjana, I Ketut. 2013. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Andi Offset
Zimmerer. 1996. Entrepreneurship The New Venture Formation. Prentice Hall International, Inc