POLA PEMBERIAN ASI PADA IBU NIFAS PADA PERIODE EARLY POST PARTUM DI KOTA DENPASAR

Authors

  • Ni Made Rai Widiastuti Politeknik Kesehatan Kartini Bali
  • ayuk widiani

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v3i2.158

Keywords:

kebidanan, kesehatan, stikes bali

Abstract

Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pola pemberian ASI pada ibu pasca melahirkan saat periode minggu pertama setelah melahirkan di Kota Denpasar.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional Study, sampel penelitian sebanyak 30 responden yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas I Denpasar Timur dan Puskesmas Pembantu Dauh Puri. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner dengan mengikuti dari nifas hari pertama sampai nifas satu minggu

Hasil : Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar responden memiliki pandangan budaya dan kepercayaan yang baik dalam menyusui yaitu 25 (83,3%), sebagian besar responden mendapatkan dukungan suami yang baik dalam proses menyusui yaitu 22 (73,3%), dan sebagian besar responden memberikan ASI saja pada bayinya yaitu 24 (80%).

Kesimpulan: Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagian besar responden memiliki pandangan budaya dan kepercayaan yang baik dalam menyusui, sebagian besar responden mendapatkan dukungan suami yang baik dalam proses menyusui dan sebagian besar responden memberikan ASI saja pada bayinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemenkes RI. 2017. Profil Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2016. Kemenkes RI: Jakarta

Maesaroh, S. 2018. Gambaran Determinan Pemberian ASI Eksklusif pada Ibu dengan Usia 6 – 24 bulan. Jurnal Aisyah Vol. 3, No 1 Juni 2018, pp 9-16.

Mursyida, Wadud. 2013. Hubungan umur dan Paritas dengan pemberian ASI Eksklusif pada bayi berusia 0-6 bulan di Puskesmas Pembina Palembang Tahun 2013. Jurnal Poltekkes Palembang

Notoadmodjo, S. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Perinasia. 2010. Program Manajemen Laktasi. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Rathmaliza, S. 2017. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Salah Satu Desa di Kabupaten Tanggamus. Kebidanan Poltekkes Tanjungkarang.

Saleha S. 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas. Jakarta: Salemba Medika.

Setyawati, M. 2018. Hubungan Antara Pengetahuan Ibu dan Penghasilan Keluarga dengan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja Puskesmas Mubune Kabupaten Minahasa Utara.

Soetjiningsih. 2010. Tumbuh Kembang Balita dan Permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto.

Sopiyani, L. 2016. Hubungan antara Dukungan Sosial (Suami) dengan Motivasi Memberikan ASI Eksklusif pada Ibu-ibu di Kabupaten Klaten.

UNICEF. 2013. Improving child nutrition, the achievable imperative for global progress. New York: United Nations Chilren’s Fund.

Yulianah N, dkk. 2013. Hubungan antara Pengetahuan, Sikap, dan Kepercayaan Ibu dengan Pemberian ASI Ekslusif di Wilayah Puskesmas Bonto Cano Kabupaten Bone Tahun 2013. Skripsi Bone: Universitas Hasanuddin.

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Widiastuti, N. M. R., & widiani, ayuk. (2019). POLA PEMBERIAN ASI PADA IBU NIFAS PADA PERIODE EARLY POST PARTUM DI KOTA DENPASAR. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 3(2), 1–4. https://doi.org/10.37294/jrkn.v3i2.158

Issue

Section

Articles