PENGALAMAN KELUARGA DALAM PENANGANAN PERTAMA PADA ANAK YANG MENGALAMI KEJANG DEMAM
DOI:
https://doi.org/10.37294/jrkn.v3i1.146Keywords:
kejang demam, pengalaman nyata, pertolongan pertama, keluarga, kualitatifAbstract
Pendahuluan: serangan kejang demam pada anak tidak hanya disaksikan oleh orang tua, namun juga oleh anggota keluarga lainnya. Namun sangat sedikit penelitian yang menjelaskan tentang pengalaman mereka sebagai keluarga yang utuh dalam memberikan pertolongan pertama terhadap peristiwa yang menyeramkan itu. Tujuan penelitian: untuk menggali lebih dalam tentang pengalaman keluarga dalam melakukan penanganan pertama pada anak yang mengalami kejang demam. Metode: pendekatan fenomenology deskriptif dengan teknik purposive sampling telah digunakan untuk memotret intisari dari pengalaman keluarga terhadap pertolongan pertama pada anak yang mengalami kejang demam di Bali, Indonesia. Wawancara mendalam dengan tatap muka telah dilakukan sampai data jenuh dengan memperhatikan Francis method dan dengan menggunakan panduan wawancara semi-terstruktur dengan pertanyaan terbuka. Wawancara telah direkam dan catatan lapangan telah diambil setiap kali wawancara dilakukan. Teknik analisis tujuh langkah dari Colaizzi’s (1978) telah digunakan untuk menganalisa transkrip yang dihasilkan. Credibility, transferability, dependability, dan confirmability oleh Lincoln and Guba (1994) telah diaplikasikan untuk memastikan tingkat kepercayaan hasil penelitian. Hasil: data telah dikumpulkan dari 12 keluarga yang memiliki pengalaman melakukan pertolongan pertama pada anak yang mengalami kejang demam. Dua tema utama yaitu “tidak tahu harus melakukan apa†dan “melakukan sesuatu yang terpikirkan†telah ditemukan dari hasil analisis. Diskusi: tidak tahu harus melakukan apa dan melakukan sesuatu yang terpikirkan telah diterima sebagai intisari dari pengalaman keluarga dalam pertolongan pertama pada anak yang mengalami kejang demam. Hasil penelitian ini menegaskan tentang pentingnya pemberian pendidikan kesehatan untuk menghilangkan kepanikan pada keluarga ketika menghadapi anak mengalami serangan kejang demam, sekaligus membimbing penggunaan respon tindakan yang lebih tepat.Downloads
References
Capovilla, G., Mastrangelo, M., Romeo, A., & Vigevano, F. (2009). Recommendations for the management of “febrile seizures†Ad hoc task force of LICE guidelines commission. Epilepsia, 50, 2-6.
Chang, Y. C., Guo, N. W., Huang, C. C., Wang, S. T., & Tsai, J. J. (2000). Neurocognitive attention and behavior outcome of school-age children with a history of febrile convulsions: A population study. Epilepsia, 41(4), 412-420.
Clissett, P. (2008). Evaluating qualitative research. Journal of Orthopaedic Nursing, 12(2), 99-105.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Farsar, A. R., & Kolahi, A. A. (2008). Can educational programs help ease parental anxiety following their child first febrile convulsion? Iranian Journal of Child Neurology, 2(3), 25-31.
Forman, J., Creswell, J. W., Damschroder, L., Kowalski, C. P., & Krein, S. L. (2008). Qualitative research methods: key features and insights gained from use in infection prevention research. American Journal of Infection Control, 36(10), 764771.
Francis, J., Johnston, M., Robertson, C., Glidewell, L., Entwistle, V., Eccles, M., & Grimshaw, J. (2010). What is an adequate sample size? Operationalising data saturation for theory-based interview studies. Psychology & Health, 25(10), 1229-1245.
Guba, E. G., & Lincoln, Y. S. (1994). Competing paradigms in qualitative research. Handbook of qualitative research, 2(163-194), 105.
Hampers, L., & Spina, L. (2011). Evaluation and management of pediatric febrile seizures in the emergency department. Emergency Medicine Clinics of North America, 29(1), 83-93.
Hanson, J. L., Balmer, D. F., & Giardino, A. P. (2011). Qualitative research methods for medical educators. Academic Pediatrics, 11(5), 375-386.
Hartley, C. A., & Phelps, E. A. (2012). Anxiety and decision-making. Biological psychiatry, 72(2), 113-118.
Hesdorffer, D. C., Benn, E. K., Bagiella, E., Nordli, D., Pellock, J., Hinton, V., & Shinnar, S. (2011). Distribution of febrile seizure duration and associations with development. Annals of Neurology, 70(1), 93-100.
Ho, H.-M., Tseng, Y.-H., Hsin, Y.-M., Chou, F.-H., & Lin, W.-T. (2016). Living with illness and self-transcendence: the lived experience of patients with spinal muscular atrophy. Journal of Advanced Nursing, 72(11), 2695-2705.
Huang, M. C., Liu, C. C., & Thomas, K. (2002). Parental responses to first and recurrent febrile convulsions. Acta Neurologica Scandinavica, 105(4), 293-299.
Jones, T., & Jacobsen, S. (2007). Childhood febrile seizures: Overview and implications. International Journal of Medical Sciences, 4(2), 110-114.
Kanemura, H., Sano, F., Mizorogi, S., Tando, T., Sugita, K., & Aihara, M. (2013). Parental thoughts and actions regarding their child's first febrile seizure. Pediatrics International, 55(3), 315-319.
Khair, A. M., & Elmagrabi, D. (2015). Febrile seizures and febrile seizure syndromes: An updated overview of old and current knowledge. Neurology Research International, 2015, 1-7.
Kolahi, A.-A., & Tahmooreszadeh, S. (2009). First febrile convulsions: Inquiry about the knowledge, attitudes and concerns of the patients' mothers. European Journal of Pediatrics, 168(2), 167-171.
Leung, A. K., & Robson, W. L. M. (2007). Febrile seizures. Journal of Pediatric Health Care, 21(4), 250-255.
Ling, S. (2000). Parental response and understanding towards febrile convulsion. The Medical Journal of Malaysia, 55(4), 419-423.
Maner, J. K., Richey, J. A., Cromer, K., Mallott, M., Lejuez, C. W., Joiner, T. E., & Schmidt, N. B. (2007). Dispositional anxiety and risk-avoidant decision-making. Personality and Individual Differences, 42(4), 665-675.
Miu, A. C., Heilman, R. M., & Houser, D. (2008). Anxiety impairs decision-making: psychophysiological evidence from an Iowa Gambling Task. Biological psychology, 77(3), 353-358.
Mapp, T. (2008). Understanding phenomenology: The lived experience. British Journal of Midwifery, 16(5), 308-311.
Oche, O. M., & Onankpa, O. B. (2013). Using women advocacy groups to enhance knowledge and home management of febrile convulsion amongst mothers in a rural community of Sokoto State, Nigeria. Pan African Medical Journal, 14(1), 49-54.
Ofovwe, G. E., Ibadin, O. M., Ofovwe, E. C., & Okolo, A. A. (2002). Home management of febrile convulsion in an African population: A comparison of urban and rural mothers' knowledge attitude and practice. Journal of The Neurological Sciences, 200(1-2), 49-52.
Paul, S., Blaikley, S., & Chinthapalli, R. (2012). Clinical update: Febrile convulsion in childhood. Community Practitioner, 85(7), 36-38.
Polit, D. F., & Beck, C. T. (2017). Nursing research: Generating and assessing evidence for nursing practice (10th ed.). Philadelphia: Wolters Kluwer.
Rapport, F., Clement, C., Doel, M. A., & Hutchings, H. A. (2015). Qualitative research and its methods in epilepsy: contributing to an understanding of patients' lived experiences of the disease. Epilepsy & Behavior, 45, 94-100.
Tong, A., Sainsbury, P., & Craig, J. (2007). Consolidated criteria for reporting qualitative research (COREQ): A 32-item checklist for interviews and focus groups. International Journal for Quality in Health Care, 19(6), 349-357.
Veisani, Y., Delpisheh, A., & Sayehmiri, K. (2013). Familial history and recurrence of febrile seizures; A systematic review and meta-analysis. Iranian Journal of Pediatrics, 23(4), 389-395.
Warden, C., Zibulewsky, J., Mace, S., Gold, C., & Gausche Hill, M. (2003). Evaluation and management of febrile seizures in the out-of-hospital and emergency department settings. Annals of Emergency Medicine, 41(2), 215-222.
Yehuda, R., Halligan, S. L., & Bierer, L. M. (2001). Relationship of parental trauma exposure and PTSD to PTSD, depressive and anxiety disorders in offspring. Journal of psychiatric research, 35(5), 261-270.