HARAPAN MAHASISWA KEPERAWATAN TENTANG BLENDED LEARNING

Authors

  • Ida Bagus Ardhi Putra STIKES Bali

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v3i1.134

Keywords:

blended learning

Abstract

Efektivitas suatu inovasi pembelajaran tidak bisa mengabaikan aspek penting karakteristik siswa. Pembelajaran online memiliki banyak keunggulan dilihat dari kekayaan sumber belajar dan aktivitas belajar. Efektivitas teknologi sangat tergantung pada bagaimana teknologi tersebut diintegrasikan atau dimanfaatkan dalam pembelajaran. Beberapa temuan penelitian melaporkan bahwa pemanfaatan ICT memberikan hasil yang tidak konsisten. Hasil yang tidak konsisten ini sebagian  disebabkan oleh rendahnya kualitas sumber belajar berbasis ICT yang digunakan dan belum tepatnya strategi pengintegrasianya dalam pembelajaran. Sebagian besar kualitas konten online yang masih rendah dan belum dirancang sesuai dengan karakteristik subjek dan pedagogi. Pemanfaatan ICT masih mengalami banyak kendala, terutama ketersediaan sumber belajar digital yang berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan harapan mahasiswa terhadap konten online dan pengelolaan blended learning pada program studi Ilmu Keperawatan. Responden yang dipilih adalah  mahasiswa Sarjana Ilmu Keperawatan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bali, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari  192 responden yang mengisi angket harapan mahasiswa terhadap konten online dan pengelolaan blended learning, mahasiswa keperawatan memberikan masukan yang berguna untuk mengembangkan konten online dan pengelolaan blended learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ida Bagus Ardhi Putra, STIKES Bali

Dosen Komputer STIKES Bali

Downloads

Published

2019-05-28

How to Cite

Ardhi Putra, I. B. (2019). HARAPAN MAHASISWA KEPERAWATAN TENTANG BLENDED LEARNING. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 3(1), 63–70. https://doi.org/10.37294/jrkn.v3i1.134

Issue

Section

Articles