PENGARUH PENKES DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DENGAN AUDIOVISUAL TERHADAP MOTIVASI PEMERIKSAAN IVA

Authors

  • Ni Putu Iasminiantari STIKES Bali
  • Anak Agung Ayu yuliati Darmini STIKES Bali
  • Idah Ayu Wulandari STIKES Bali

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v2i2.118

Abstract

ABSTRAK

Tujuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang deteksi dini kanker serviks dengan media audiovisual terhadap motivasi pemeriksaan IVA pada WUS di Banjar Tengah, Kelurahan Renon.

Metode. Penelitian ini menggunakan rancangan pre experimental dengan one group pre-test post-test design. Dengan menggunakan teknik consecutive sampling, sebanyak 67 responden direkrut sebagai sampel. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan media audiovisual. Data dianalisis menggunakan  Dependen T Test  dengan SPSS for windows versi 20.

Hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang sangat signifikan pemberian pendidikan kesehatan tentang deteksi dini kanker serviks terhadap motivasi WUS melakukan pemeriksaan IVA di Banjar Tengah, Kelurahan Renon (p value <  0,001).

Simpulan. Pemberian pendidikan kesehatan tentang deteksi dini kanker serviks dengan media audiovisual dapat meningkatkan motivasi WUS untuk melakukan pemeriksaan IVA. Diharapkan puskesmas memberikan pendidikan kesehatan dengan media audiovisual.

Kata Kunci : Motivasi, IVA, Kanker Serviks

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Anak Agung Ayu yuliati Darmini, STIKES Bali

Keperawatan Medikal Bedah

Downloads

Published

2018-11-03

How to Cite

Iasminiantari, N. P., Darmini, A. A. A. yuliati, & Wulandari, I. A. (2018). PENGARUH PENKES DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DENGAN AUDIOVISUAL TERHADAP MOTIVASI PEMERIKSAAN IVA. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 2(2), 205–213. https://doi.org/10.37294/jrkn.v2i2.118

Issue

Section

Articles