KARAKTERISTIK MASALAH PASIEN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUP SANGLAH, DENPASAR

Authors

  • Inca Buntari Agustini STIKES Bali
  • Putu Darma Suyasa
  • Ketut Widia

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v2i1.103

Abstract

ABSTRAK

Pendahuluan: Rumah sakit dimana Poliklinik Penyakit Dalam sebagai salah satu fasilitas perawatan kesehatan individu menjadi bagian dari sumber daya kesehatan perlu untuk mendukung pelaksanaan upaya kesehatan. Data statistik di Rumah Sakit Sanglah menunjukkan bahwa ada peningkatan kunjungan pasien ke Poliklinik Penyakit Dalam dari tahun ke tahun, namun tidak ada catatan khusus dan belum ada upaya sistematis dalam menganalisanya. Selain itu, penerapan asuhan keperawatan juga perlu dievaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kunjungan pasien ke Poliklinik Penyakit Dalam dan evaluasi pelaksanaan asuhan keperawatan di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Sanglah Denpasar.

Metode: Penelitian ini dilakukan di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Sanglah. Penelitian ini adalah penelitian retrospektif menggunakan chart review untuk pengumpulan data. Penelitian ini melibatkan 306 sampel berdasarkan teknik sampling acak sistematik.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 51 responden (13,4%) mengunjungi rumah sakit dengan keluhan nyeri, 46 responden (12,1%) mengeluhkan kelemahan, 17 responden (4,5%) mengeluhkan pusing, 96 responden (26,5%) memiliki diagnosis keperawatan pada terapi regimen yang tidak efektif. , dan 103 responden didiagnosis secara medis (93,7%) dengan Penyakit Ginjal Kronis.

Kesimpulan: Informasi ini dapat digunakan sebagai data dasar untuk pengembangan kualitas layanan nantinya. Tenaga kesehatan diharapkan mengelola masalah-masalah kesehatan yang dialami oleh pasien.

Kata kunci: penyakit dalam, poliklinik penyakit dalam, asuhan keperawatan

 

ABSTRACT

Introduction: The hospital where medical out-patient department as one of the individual health care facilities become a part of the health resources need to support the implementation of health efforts.The statistic data in Sanglah Hospital showed that there was improvement of patient visits to the medical out-patient department from year to year, however there was no specific record and there has been no systematic effort in analyzing it. In addition, the description of nursing care implementation also needed to be evaluated. This study aimed to determine the description of patient visits to the medical out-patient department and the evaluation of nursing care implementation on medical out-patient department in Sanglah Hospital Denpasar.

Methods: This research was conducted in medical out-patient department of Sanglah Hospital. This study was retrospective study using chart review for data collection. The study involved 306 samples based on sistematic random sampling technique.  

Results: Results showed that there were 51 respondents (13.4%) visited hospital with pain, 46 respondents (12.1%) complained of weakness, 17 respondents (4.5%) complained dizziness, 96 respondents (26.5%) had nursing diagnosis of ineffective regimen therapeutic, and 103 respondents were medically diagnosed (93.7%) with Chronic Kidney Disease.

Conclusion: This information can be used as the basic data for the development of service quality later. Health personnel are expected to manage health problems experienced by patients. 

 

 

Keywords: internal disease, out-patient department, nursing care

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Inca Buntari Agustini, STIKES Bali

Departemen Gawat Darurat

Downloads

Published

2018-04-30

How to Cite

Agustini, I. B., Darma Suyasa, P., & Widia, K. (2018). KARAKTERISTIK MASALAH PASIEN DI POLIKLINIK PENYAKIT DALAM RSUP SANGLAH, DENPASAR. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 2(1), 100–113. https://doi.org/10.37294/jrkn.v2i1.103

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.