Sosialisasi Siaga Bencana Gempa Pada Siswa Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe

Authors

  • Yusrawati . Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Mawar Hayati Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Fitriana Dewi Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Aida Fitriani Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Nizan Mauyah Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Subki . Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Putri Wulandari Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Nuri Hayati Poltekkes Kemenkes Aceh

DOI:

https://doi.org/10.37294/jai.v2i1.449

Abstract

Bumi semakin tua, kerusakan alam semakin parah baik karena eksploitasi manusia maupun karena faktor dari alam itu sendiri.Pendidikan mitigasi bencana harus diajarkan sejak dini, siswa-siswa sekolah perlu dibekali pengetahuan agar mereka mengetahui langkah yang harus dilakukan saat terjadi bencana terutama bencana gempa bumi.Tujuan pengabdian ini untuk menumbuhkan budaya sadar bencana dan siaga gempa untuk mitigasi dan kesiapsiagaan siswa Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe. Metode pengabdian adalah dilaksanakan di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe pada bulan September 2022. Kegiatan ini dihadiri perwakilan siswa. Media penyampaian materi seperti laptop, proyektor, remote kontrol, betere, micropon, alat tulis kantor. Tahap kegiatan mulai persiapan, koordinasi, pelaksanaan, demontrasi dan evaluasi. Hasil kegiatan ini kegiatan dihadiri oleh 35 orang. Metode penyuluhan sokraktik telah dilaksanakan dan demontrasi diikuti peserta dengan baik dan aktif. Sehingga bisa disimpulkan remaja di Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe yang diwakili sebanyak 35 siswa telah mengikuti kegiatan penyuluhan sadar bencana dan siaga gempa. Keterlibatan remaja sangat aktif dan tujuan pengabdian ini telah terlaksana.

Kata kunci :Mitigasi, remaja, siaga bencana.

Downloads

Published

2022-11-22

How to Cite

., Y., Hayati, M. ., Dewi, F. ., Fitriani, A. ., Mauyah, N. ., ., S., Wulandari, P. ., & Hayati, N. . (2022). Sosialisasi Siaga Bencana Gempa Pada Siswa Sekolah Sukma Bangsa Lhokseumawe. Jurnal Abdimas ITEKES Bali, 2(1), 43–49. https://doi.org/10.37294/jai.v2i1.449

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)