PENYULUHAN PENGOLAHAN MAKANAN BERGIZI UNTUK ANAK DI DESA GAMPONG RAYA TAMBO KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN 2021

Authors

  • aida fitriani Poltekkes kemenkes Aceh prodi kebidanan Acut
  • Nizan Mauyah Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Elvieta Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Subki Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Sirajus Savina Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Nurul Akla Poltekkes Kemenkes Aceh
  • Ika Friscilla Universitas Sari Mulia
  • Siska Purwita Sari Universitas Sari Mulia

DOI:

https://doi.org/10.37294/jai.v1i2.374

Abstract

Konsumsi gizi yang baik dan cukup seringkali tidak bisa dipenuhi oleh  seorang anak karena faktor eksternal maupun intaernal. Faktor eksternal menyangkut keterbatasan ekonomi keluarga sehingga uang yang tersedia tidak cukup untuk membeli makanan. Sedangkan faktor internal adalah faktor yang terdapat di dalam diri anak yang secara psikologis muncul sebagai problema makan pada anak.

Faktor yang paling terluhat pada lingkungan masyarakat adalah kurangnya pengetahuan ibu mengenai gizi-gizi yang harus dipenuhi anak pada masa pertumbuhan. Ibu  biasanya  memberikan  makan  yang  enak  kepada  anaknya  tanpa  tahu  apakah makanan tersebut mengandung gizi-gizi yang cukup atau tidak, dan tidak mengimbanginya dengan makanan sehat yang mengandung banyak gizi.

Promosi kesehatan adalah upaya pemberdayaan masyarakat yang mampu memecahkan dan meningkatkan kesehatan. Dalam kegiatan penyuluhan ini dibahas mengenai pentingnya makanan bergizi dan sehat bagi anak serta mendemonstrasikan bagaimana pengolahan salah satu makanan bergizi bagi anak.

Kata Kunci : Pengolahan, Makanan Bergizi, Anak

Published

2022-05-30

How to Cite

fitriani, aida, Mauyah, N. ., Elvieta, E., Subki, S., Sirajus Savina, S. S., Nurul Akla, N. A., Ika Friscilla, . I. F., & Sari, S. P. . (2022). PENYULUHAN PENGOLAHAN MAKANAN BERGIZI UNTUK ANAK DI DESA GAMPONG RAYA TAMBO KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN 2021. Jurnal Abdimas ITEKES Bali, 1(2), 76–80. https://doi.org/10.37294/jai.v1i2.374

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)