DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KESEHATAN MENTAL MAHASISWA SEMESTER AWAL

Authors

  • Putri Ayu Fitria Program Studi S1 Keperawatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten 42124.
  • Desma Yuliadi Saputra Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.37294/jrkn.v4i2.250

Keywords:

Pembelajaran daring, dampak positif, dampak negatif, gangguan kesehatan mental.

Abstract

Pandemi global yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) karena kemunculan penyakit baru yaitu Covid-19 membuat banyak perubahan besar di dunia, salah satunya yaitu pembelajaran yang sekarang dilakukan secara daring. Tujuan ini bertujuan untuk mengetahui dampak apa saja yang dirasakan oleh mahasiswa semester awal dan bagaimana hubungannya dengan kesehatan mental. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuesioner dengan melibatkan 110 responden yang merupakan mahasiswa semester awal dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Pengumpulan data dilakukan selama 6 hari, dimulai dari tanggal 21 sampai dengan 26 November 2020. Hasil penelitian menunjukkan 58 mahasiswa semester awal merasakan dampak negatif (52,7%) dan 52 mahasiswa yang merasakan dampak positif (47,3%). Selanjutnya dari 110 responden, 94 mahasiswa di antaranya mengalami stres (85,5%) dengan berbagai macam tingkatan (stres ringan, stres sedang, dan stres berat) dan 16 mahasiswa di antaranya tidak mengalami stres (14,5%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzani, Fadli. (2020, Agustus 28). Pentingnya Kesehatan Mental yang Tak Boleh Diremehkan. Diakses pada November 24, 2020, dari https://www.sehatq.com/artikel/pentingnya-kesehatan-mental-yang-tak-boleh-diremehkan

Buku Ajar Pembelajaran 2013. Diakses pada November 24, 2020, dari https://www.academia.edu/5682010/BUKU_AJAR_PEMBELAJARAN_2013

Hasanah et al. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19: Jurnal Keperawatan Jiwa, 8 (3), 299 – 306

Hayati, Nur. (2020, April). Metode Pembelajaran Daring/E-Learning yang Efektif. Diakses pada November 24, 2020, dari https://www.researchgate.net/publication/340478043_ Metode_Pembelajaran_Daringe-Learning_yang_Efektif_A_ Pendahuluan_Sejarah_Elearning

Media Indonesia. (2020, Agustus 30). Online Learning dan Kesehatan Mental. Diakses pada November 21, 2020, dari https://mediaindonesia.com/read/detail/340566-online-learning-dan-kesehatan-mental

Padk.kemkes. (2020). Hindari Lansia dari Covid-19. Diakses pada November 24, 2020, dari http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2020/04/23/21/hindari-lansia-dari-covid-19.html

Putri et al. (2020). Perilaku dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 2 (1), 38-45

Rudi, S., & Cepi, R. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.

Samiadi, Lika Aprilia. (2020, September 17). Penyakit Mental. Diakses pada November 24, 2020, dari https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/penyakit-mental/#gref

Sugandi, Achmad. (2006). Teori Pembelajaran. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press

Sulaeman, Suherni. (2018, Juli 26). Berbagai Perasaan dan Emosi Manusia yang Bisa Pengaruhi Kesehatan Tubuh. Diakses pada 27 November 2020, dari https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4134937/berbagai-perasaan-dan-emosi-manusia-yang-bisa-pengaruhi-kesehatan-tubuh/1/#news

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Fitria, P. A., & Saputra, D. Y. (2020). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KESEHATAN MENTAL MAHASISWA SEMESTER AWAL. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 4(2), 60–66. https://doi.org/10.37294/jrkn.v4i2.250

Issue

Section

Articles