PENGARUH METODE SMALL GROUP DISCUSSION CLASS TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG DISMENOREA PADA SISWI KELAS VII SMP NEGERI 10 DENPASAR
DOI:
https://doi.org/10.37294/jrkn.v4i2.238Keywords:
Dismenorea, Pengetahuan, Remaja putriAbstract
Â
ABSTRAK
Â
Latar belakang: Proses menstruasi yang disertai dismenorea pada siswi sekolah berdampak  terhadap kualitas pendidikan seperti tingginya absen ketidakhadiran, penurunan konsentrasi dan motivasi belajar serta kesehatan fisik, terdapat.lebih dari 50% temaja mengalami dismenorea dan tidak mendapat penanganan yang baik sehingga dibutuhkan suatu pendekatan yang implementatif dalam pendidikan dan peningkatan pengetahuan siswi sekolah. Small Group Discussion merupakan elemen belajar secara aktif yang mempunyai memberikan kesempatan terbuka serta dapat mengevaluasi pengetahuan siswi secara lisan perorang.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh metode small group discussion class terhadap pengetahuan remaja putri tentang dismenorea pada siswi kelas VII di SMP Negeri 10 Denpasar.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Denpasar dari tanggal 9-11 Mei 2018. Cara pengambilan sampel dengan teknik probability sampling dengan proportional random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 20 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data diolah menggunakan uji Wilcoxon Sign Ranks Test.
Hasil: Hasil pengukuran pengetahuan remaja putri tentang dismenorea sebelum diberikan intervensi didominasi pengetahuan cukup (65%) sedangkan setelah diberikan intervensi didapatkan hasil semua responden berpengetahuan baik (100%). Hasil uji statistik Wilcoxon Sign ranks test didapatkan bahwa ada pengaruh metode small group discussion class terhadap pengetahuan remaja putri tentang dismenorea pada siswi kelas VII di SMP Negeri 10 Denpasar dengan nilai p-value <0,001. Â
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode small group discussion class berpengaruh terhadap pengetahuan remaja putri tentang dismenorea pada siswi kelas VII di SMP Negeri 10 Denpasar menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil yang didapat diharapkan metode small group discussion class dapat dijadikan referensi dalam menyampaikan informasi tentang kesehatan.Â
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Apriana, D.(2017).Penerapan Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang.Diperoleh tanggal 11 Januari 2018,dari http://eprints.radenfatah.ac.id/1160/1/DINA%20APRIANA%20%2812270031%29.pdf
Donsu, J. D.(2017). Metodologi Penelitian Keperawatan.Yogyakarta : Pustakabarupress
Ernawati, H.(2014).Pengaruh Small Group Discussion Terhadap Pengetahuan Tentang Dismenore Pada Siswi SMPN 1 Dolopo.Diperoleh tanggal tanggal 18 Oktober 2017,dari http://eprints.umpo.ac.id/1271/1/Jurnal 20Florence%20Vol%20VII%2C%20No%201%20.pdf
Grove, S., Burns, N., Gray, J.(2013).Practice of Nursing Research : Appraisal, Synthetis, and Generation of Evidence (7th ed).China:Elsevier Inc.
Herawati, R.(2017).Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Usia Menarche Pada Remaja Putri di SMP Negeri 8 Tambusai Utara Tahun 2013.Diperoleh tanggal 12 November 2017,dari file:///C:/Users/User/Downloads/1104-2780-1-PB%20(1).pdf
Hidayat, A. A. Alimul(2014).Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data.Jakarta:Salemba Medika
Laili.(2012).Perbedaan Tingkat Nyeri Haid (Dismenore) Sebelum dan Sesudah Senam Dismenore Pada Remaja Putri di SMAN 2 Jember.
Lestari, T.(2015).Kumpulan Teori untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan.Yogyakarta:Nuha Medika
Manalu, R. J.(2015).Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Dismenorea Terhadap Pengetahuan Remaja Putri di SMP Negeri 1 Muara Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2015.Diperoleh tanggal 11 Januari 2018,dari http://103.15.241.30/opac/uploaded_files/dokumen_isi/Monograf/1102084_001.pdf
Masturi.(2017).Hubungan Tingkat Setres Dengan Siklus Menstruasi Pada Mahasiswi Keperawatan Semester VIII UIN Alauddin Makasar.Diperoleh tanggal 11 Januari 2018,dari http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4163/1/masturi.pdf
Rahmawati, T.(2016).Hubungan Tingkat Pengetahuan Dismenorea Mahasiswi Pendidikan Biologi UIN Walisongo Semarang Terhadap Sikap Mengatasi Dismenorea Primer.Diperoleh tanggal 3 Januari 2018,dari http://eprints.walisongo.ac.id/5933/1/123811065.pdf
Sitorus, Y.S.BR.(2015). Hubungan tingkat Pengetahuan dan Sikap remaja putri tentang Dismenorea dan tindakan dalam penanganan dismenorea di SMP Swasta Kualuh Kabupaten Labuhan Batu Utara tahun 2015.
Stiyoningsih, W.(2016).Penerapan Metode Small Group Discussion (SGD) Sebagai Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab.Diperoleh tanggal 26 Januari 2018,dari http://digilib.uin-suka.ac.id/20444/1/12420105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf