PENERAPAN STRATEGI MENGINGAT MNEMONIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT MAHASISWA PSIKOLOGI USM- INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.37294/jrkn.v2i2.117Keywords:
Mnemonic, Memori jangka pendek, eksperimen, psikologi kognitif.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul Penerapan Strategi Mengingat Mnemonic untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Mahasiswa Psikologi Universitas Sari Mutiara Indonesia. Penelitian ini akan dilakukan dengan desain eksperimen kelompok eksperimen prestest-postest untuk mengetahui peranan metode chunking untuk peningkatan memori jangka pendek. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan maka penelitian ini akan dilaksanakan dengan tiga tahapan. Masing-masing tahapan akan terdiri dari pertemuan pelatihan yang diberikan agar subyek penelitian benar-benar memahami metode chunking sebagai salah satu strategi untuk mengingat. Setiap akhir tahap akan diadakan evaluasi untuk mengetahui kemajuan dan semual permasalahan yang timbul. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Subyek penelitian adalah mahasiswa yang terdaftar di Program Studi Psikologi Universitas Sari Mutiara Indonesia yang berjumlah 60 orang. Adapu tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memori mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sari Mutiara dan menunjang kemampuan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sari Mutiara dalam menguasai berbagai konsep psikologi selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian berdasarkan uji t tes diperoleh nilai p value 0.000 yang artinya ada hubungan Penerapan Strategi Mengingat Mnemonic untuk Meningkatkan Kemampuan Mengingat Mahasiswa Psikologi Universitas Sari Mutiara Indonesia dengan metode chunking.
Â
Kata kunci : Mnemonic, Memori jangka pendek, eksperimen, psikologi kognitif.
Â
Â
ABSTRACT
This research is entitled Implementation Of Mnemonic Memorizing Strategy to Improve Memorizing Ability of USM-Indonesia Psychological Students. This research will be conducted with the experimental design of the prestest-posttest experimental group to determine the role of the chunking method for improving short-term memory. To achieve the desired goals, this research will be carried out in three stages. Each stage will consist of training meetings provided so that research subjects truly understand the chunking method as a strategy to remember. At the end of each stage an evaluation will be held to find out the progress and all the problems that arise. The research subjects were 60 students enrolled in the Sari Mutiara Indonesia University Psychology Study Program. Adapu, the purpose of this study was to improve the memory skills of the students of the Faculty of Psychology at Sari Mutiara University and to support the ability of the Psychology University Faculty of Psychology students to master various psychological concepts during the learning process. The results of the research based on the test t test obtained the value of p value 0.000 which means that there is a relationship between Implementation Of Mnemonic Memorizing Strategy to Improve Memorizing Ability of USM-Indonesia Psychological Students by the chunking method.
Â
Keywords: Mnemonic, short-term memory, experiment, cognitive psychologyDownloads
References
Akmal De Bayor, Strategi Belajar Mengajar, 2011. (Online) http://cakheppy.wordpress.com/2011/04/01/strategi-belajar-mnemonic/, 5 september 2015. Diunduh pada tanggal 12 Juni 2017.
Ambruster, B. B., & Anderson, T.H. 2000. Mapping : Representing information text grammatically. Spatial Learning Strategies Journal. (pp.189-208). New York : Academic Press
Fraenkel, J.R., & Wallen, N.E. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education. New York : McGraw Hill
Field, A. 2005. Discovering Statistic using SPSS (2nd ed.). London ; Sage
Higbee, J.L. 2003. Curriculum Transformation and Disability ; Implementing Universal Design Higher Education. Minneapolis : Center for Research on Developmental Education and Urba n Literacy, General College, University of Minnesota.
Muhibbin Syah, (2005) Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosda. Bandung.
Solso , Robert L., Maclin, Otto H., & Maclin, M.Kimberley. 2008. Psikologi Kognitif. Terj. Ed. 8. Jakarta : Erlangga
Sudjana S. (2005) Strategi Pembelajaran. Falah Production. Bandung.
Sudjana, N. & Rivai, A. (1989). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan
Ucapan Terima Kasih
Ucapan terima kasih diberikan kepada Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia yang telah mendabai penelitian ini.