Peningkatan Pengetahuan Mengenai Case Management Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit
DOI:
https://doi.org/10.37294/jai.v3i1.530Abstract
Mutu pelayanan kesehatan merupakan tolok ukur dari pelayanan yang diberikan oleh perawat maupun tenaga kesehatan lainnya. Case management merupakan salah satu model asuhan yang saat ini dapat menjawab kebutuhan pasien dalam pelayanan yang tidak hanya terbatas di rumah sakit namun dapat dilanjutkan dengan pelayanan lainnya sampai berada pada kondisi sehat. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk menambah wawasan dan menyegarkan kembali pemahaman perawat pelaksana mengenai model asuhan case management dalam memberikan pelayanan yang komprehensif kepada pasien. Pelaksanaan pengabdian diawali dengan pemberian pretest kepada perawat kemudian dilanjutkan dengan penyampaian informasi mengenai model asuhan case management, diskusi serta terakhir evaluasi dalam bentuk post test. Pretest dan postest berisikan pertanyaan mengenai pemahaman dan penerapan case management dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Hasil pelaksanaan pengabmas didapatkan bahwa, sebelum pemberian edukasi (pretest) sebanyak 8 responden (66,67%) memiliki pemahaman yang baik terhadap model asuhan case management, dan setelah edukasi sebanyak 10 responden (83,33%) sudah lebih memahami mengenai model asuhan case management. Perawat merupakan salah satu penggerak utama dalam pelayanan asuhan case management yang berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lainnya.
Kata Kunci: Case management, pelayanan keperawatan, mutu pelayanan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Luh Gde Nita Sri Wahyuningsih, NLP Dina Susanti, Putu Ayu J Sastamidhyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.