Tingkat Pengetahuan Penderita Diabetes Melitus Tentang Pencegahan Ulkus Diabetik Melalui Penyuluhan

Authors

  • Ni Putu Diah Dharmayanti Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
  • A.A.A. Yuliati Darmini Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
  • Ni Wayan Kesari Dharmapatni Institut Teknologi dan Kesehatan Bali

DOI:

https://doi.org/10.37294/jai.v3i2.511

Abstract

Diabetes Melitus (DM) adalah penyakit tidak menular dengan banyak kondisi yang dapat menimbulkan berbagai komplikasi salah satunya ulkus diabetik. Ulkus diabetik yang sudah parah merupakan faktor utama terjadinya amputasi pada organ tubuh. Oleh karena itu penderita DM harus memiliki pemahaman yang memadai untuk mencegah terjadinya komplikasi ulkus diabetik.

Tujuan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan penderita DM tentang pencegahan komplikasi ulkus diabetik di Puskesmas II Denpasar Barat. Berdasarkan hasil pretest dari 22 responden memiliki pengetahuan rendah tentang cara pencegahan ulkus diabetik yaitu sebesar 72,7%. Sedangkan hasil posttest, menunjukkan lebih dari setengah responden memiliki tingkat pengetahuan tinggi yaitu 54,5 %. Setelah diberikan penyuluhan dapat disimpulkan bahwa pengetahuan penderita DM tentang pencegahan ulkus diabetik mengalami peningkatan. Kedepannya pihak puskesmas harus secara aktif memberikan penyuluhan terkait pencegahan ulkus diabetes.

 

Kata kunci : Diabetes melitus, Penyuluhan, Pengetahuan, Pencegahan ulkus diabetik 

Published

2024-05-14

How to Cite

Dharmayanti, N. P. D. ., Darmini , A. Y. ., & Dharmapatni, N. W. K. . (2024). Tingkat Pengetahuan Penderita Diabetes Melitus Tentang Pencegahan Ulkus Diabetik Melalui Penyuluhan . Jurnal Abdimas ITEKES Bali, 3(2), 70–74. https://doi.org/10.37294/jai.v3i2.511

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)