Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dengan Mencuci Tangan Kepada Siswa Sd Santo Bavo Kota Madiun

Authors

  • Irmawati Mathar Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Bhakti Husada Mulia
  • Mertisa Dwi Klevina Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Bhakti Husada Mulia
  • Cintika Yorinda Sebtalesy Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Bhakti Husada Mulia

DOI:

https://doi.org/10.37294/jai.v3i1.485

Abstract

Perilaku bidup bersih dan sehat merupakan perilaku yang dilakukan dengan penuh kesadaran untuk dapat meningkatkan derajat kesehatan. Banyak perilaku hidup bersih dan sehat yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit. Salah satu bentuk perilaku hidup bersih dan sehat adalah mencuci tangan.  Pada saat dilakukan kegiatan observasi, para siswa terlihat masih kurang mengetahui PHBS terutama dalam melakukan cuci tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan menambah pemahaman kepada siswa di SDK SANTO BAVO tentang perilaku hidup bersih dan sehat, khususnya tatacara mencuci tangan memakai sabun dengan baik dan benar sesuai dengan tatacara yang dianjurkan WHO guna mengurangi resiko penularan penyakit melalui tangan. Menjaga kebersihan tangan merupakan cara yang cukup efektif melawan penularan penyakit, mencuci tangan menggunakan sabun merupakan hal yang mudah dikerjakan namun memberikan manfaat yang besar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pemberian pre-test, sosialisasi, pemutaran video dan praktik cuci tangan yang baik dan benar, dilanjutkan post-test. Hasil dari post-test menunjukkan adanya kenaikan skor dari sebelum penyuluhan dengan skor setelah penyuluhan. Hasil kegiatan sosialisasi telah menambah pengetahuan siswa mengenai PHBS.

Kata kunci : Sosialisasi, PHBS, Cuci tangan, Perilaku

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Mathar, I., Klevina , M. D. ., & Sebtalesy , C. Y. (2023). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Dengan Mencuci Tangan Kepada Siswa Sd Santo Bavo Kota Madiun. Jurnal Abdimas ITEKES Bali, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.37294/jai.v3i1.485

Issue

Section

Articles