Pelatihan Cuci Tangan Enam Langkah Menggunakan Vocabulary Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Dalam Pencegahan Penularan COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.37294/jai.v2i2.455Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan cuci tangan enam langkah menggunakan vocabulary bahasa Inggris pada anak usia dini di TK Aruna Mulia Nusa Dua dalam pencegahan penularan Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Oktober 2021 di TK Aruna Mulia Nusa Dua dengan dua sesi pelatihan yaitu sesi pertama pada kelas Taman Kanak-Kanak (TK) dengan jumlah 11 peserta didik dan pada sesi kedua pada anak Kelompok Bermain (KB) dengan jumlah 7 orang. Rancangan mekanisme pelaksanaan kegiatan ini merujuk pada 4 langkah action research yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Berdasarkan pemaparan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di TK Aruna Mulia Nusa Dua maka dapat disimpulkan bahwa sejumlah target yang sudah tercapai diantaranya. (1) Peserta pelatihan dalam kelompok TK dan KB mampu melakukan praktik cuci tangan enam langkah dengan baik setelah diberikan pelatihan melalui video dan praktik langsung dengan menggunakan instruksi bahasa Inggris. (2) Peserta pelatihan mampu mengikuti instruksi mencuci tangan enam langkah dengan bahasa Inggris dengan baik dan mendapatkan vocabulary baru tentang mencuci tangan. (3) Adanya peningkatan pengetahuan dan penguasaan vocabulary antara sebelum dan setelah diberikan pelatihan cuci tangan enam langkah.
Kata Kunci: Pelatihan cuci tangan enam langkah, English Vocabulary, Pencegahan Covid-19
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Wayan Novi Suryati, Kadek Maya Cyntia Dewi, Nadya Treesna Wulansari, Ni Kadek Dwieka Jayanthi Ayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.