Pendampingan Kelas Ibu Hamil Dalam Memberikan Motivasi ANC Sebagai Upaya Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Janin Di Era New Normal

Authors

  • Purnama Dewi Komang Ayu ITEKES Bali
  • Ni Made Nurtini ITEKES Bali
  • Ni Putu Riza Kurnia Indriana ITEKES Bali

DOI:

https://doi.org/10.37294/jai.v1i2.385

Abstract

Pada masa pendemi covid-19 seperti sekarang ini terjadi penurunan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Pelayanan pemeriksaan kehamilan turun sebanyak 22,8% pada K1dan 11,2% pada K4. Penurunan ini disebabkan karena ibu hamil takut datang ke fasilitas kesehatan untuk memeriksakan kehamilannya. (Nurjasmi.E, 2020). Desa Kesiman Petilan di bawah Puskesmas Pembantu Denpasar Timur juga memiliki program meningkatkan kesehatan ibu hamil melalui kelas ibu hamil yang pelaksanaannya saat ini tersendat dampak dari pendemi covid-19.

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang pemeriksaan kehamilan serta motivasi ANC pada era new normal.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam tiga tahap pertemuan dengan waktu dua jam tiap
pertemuan. Pada tahap awal akan dilakukan penyuluhan tentang pengetahuan tentang pemeriksaan kehamilan pada Era New Normal dan pembagian masker Pada tahap kedua akan dilakukan penyuluhan tentang motivasi pemeriksaan kehamilan pada masa pandemi covid-19 dan pemberian PMT. Kemudian tahap akhir akan dilakukan kelas ibu hamil.

Dapat dilihat dari nilai pretes dan posttes bahwa terdapat peningkatan pengetahun ibu hamil tentang pemerikasaan kehamilan (28,57%) dan motivasi ibu hamil untuk melakukan ANC (36,84%) pada masa new normal. Jadi pemberian penyuluhan dapat meningkatkan pengetahuan dan motivasi ibu hamil untuk  melakukan pemeriksaan kehamilan.

Published

2022-05-30

How to Cite

Komang Ayu, P. D., Nurtini, N. M., & Kurnia Indriana, N. P. R. . (2022). Pendampingan Kelas Ibu Hamil Dalam Memberikan Motivasi ANC Sebagai Upaya Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Janin Di Era New Normal. Jurnal Abdimas ITEKES Bali, 1(2), 96–100. https://doi.org/10.37294/jai.v1i2.385

Issue

Section

Articles