“ULAR TANGGUH”: Permainan Edukatif Berbasis Huma Betang Untuk Meningkatkan Minat Makan Sehat Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.37294/jai.v5i1.785Abstract
ABSTRAK
Perilaku makan yang kurang sehat pada anak usia sekolah akan berdampak pada meningkatnya risiko penyakit tidak menular di masa mendatang. Rendahnya asupan buah dan sayur serta tingginya konsumsi jajanan kurang bergizi menunjukkan perlunya intervensi edukasi yang kontekstual dan menarik bagi siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan minat makan sehat siswa melalui media pembelajaran “Ular Tangguh” yang mengintegrasikan nilai budaya Huma Betang. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan Community-Based Participatory Action dengan melibatkan guru dan siswa secara aktif pada tahap persiapan, pelaksanaan, refleksi, dan evaluasi. Permainan “Ular Tangguh” merupakan modifikasi permainan ular tangga yang diperkaya dengan pesan gizi seimbang serta nilai budaya Huma Betang seperti kebersamaan, gotong royong, dan tanggung jawab sosial. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan gizi, sikap positif, dan minat siswa dalam memilih makanan sehat berdasarkan perbandingan skor pre-test dan post-test. Selain itu, program ini memberikan alternatif media pembelajaran bagi guru dan sekolah dalam memperkuat pendidikan gizi berbasis budaya lokal. Dengan demikian, Ular Tangguh efektif sebagai model edukasi gizi yang interaktif, menyenangkan, dan berkelanjutan serta berpotensi untuk direplikasi di sekolah dasar lainnya.
Kata kunci: Edukasi Gizi, Permainan Interaktif, Huma Betang, Makan Sehat, Siswa Sekolah Dasar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Byba Melda Suhita, Munanadia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
TEMPLATE JURNAL

